Berbunga (Tutorial Bros Flanel)

Bismillahirrahmaanirrahiim

ehm..test test :D
udah lama banget saya gak nulis di blog, rasanya jadi grogi, kayak demam panggung gitu, haha..opo toh? :p
Alasan utamanya karena males, hehe..jujur saya sudah mulai 'bosan' menulis atau apalah namanya itu, mungkin karena aktifitas 180 derajat berubah, banyak hal-hal baru yang saya lakukan, seabrek aktifitas lain yang menanti untuk saya kerjakan dan ada beberapa rutinitas baru yang terpaksa harus saya kerjakan. 
Whateverlah, yang pasti pada kesempatan kali ini saya mau berbagi sedikit ilmu yang saya miliki. berhubungan dengan hobi saya beberapa bulan kemarin, berkutat dengan dunia handycraf, seperti bros, gantungan kunci dan kawan-kawannya.
Belakangan -- beberapa temen minta diajarin cara buatnya, dan tidak jarang dari permintaan itu belum bisa saya kabulkan, lagi-lagi karena rutinitas saya T.T hiks...maaf banget..
Ini akan menjadi tulisan pertama saya tentang tutorial dunia handycraft. Yang akan saya angkat pada kesempatan kali ini adalah cara membuat bros bunga. 
Saya pernah searching google dengan kata kunci tutorial membuat bros dan hasilnya banyak juga blog-blog para crafter  yang menuliskannya. Barangkali tulisan saya ini akan menjadi alternatif atau salah satu pilihan buat teman-teman yang mau mulai belajar membuat bros.Sekaligus salah satu ungkapan maaf bagi yang belum bisa belajar secara langsung.
Oke, ini dia..kita mulai saja ya.. ;)

Bros yang akan saya buat kali ini terbuat dari  kain flanel, teman-teman bisa mendapatkannya di toko-toko terdekat, so pasti jangan mencari di toko obat apalagi di toko bangunan, pasti mereka gak jual, hehe..jayus gw :p
alat dan bahan: kain flanel, peniti bros, jarum, benang jahit, gunting, dan lem lilin. simple kan bahannya? ^^
  • Langkah pertama potong kain flanel berbentuk lingkaran yang kemudian dipotong lagi menjadi empat bagian (seperti dalam foto), ukuran disesuaikan dengan selera. Lalu potong flanel beda warna berbentuk bulat atau segi lima untuk aplikasi tambahan.


  •  Lipat potongan flanel menjadi dua simetris lalu lipat lagi kedua sisinya, seperi dalam gambar, kemudian jahit



  • Lakukan jahitan yang sama sampai 6 buah potongan flanel

  • Setelah ini sambungkan antara ujung dengan ujung yang satunya membentuk kelopak bunga yang melingkar
  •  Kencangkan kelopak dengan menarik jahitan dari kelopak satu dengan kelopak di depannya




  • Tahap selanjutnya adalah memasang peniti bros. Olesi peniti dengan lem lilin (lem lilin bisa digunakan dengan cara dibakar atau menggunakan alat tembak) kemudian tempelkan pada bagian belakang, agar merekat lebih kuat beri pengaman dengan menindihkan potongan flanel di atas peniti bros, seperti dalam gambar.



  •  Sentuhan terakhir adalah menempelkan hiasan planel kecil di tengah kelopak bunga. dan taraaaaaa...jadilah kreasi bros yang manis seperti yang buatnya ^^ hohoho  
Bagaimana, kreatif itu tidak perlu mahal dan ribet bukan? asalkan kita mau melakukannya, itu saja!!
so, ehem ehem... (mau ngeluarin motto saya yang biasanya ^^) mari bergerak BERGERAK, berbuat BERBUAT dan semangat SEMANGAT!!!

selamat berkreasi :))

tertanda; na :)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
ika ratih
AUTHOR
Min Mar 24, 08:38:00 PM delete

Nuhun teh, sharing yg brmanfaat sangat teh

Reply
avatar
LiNa Astuti
AUTHOR
Min Mar 24, 08:48:00 PM delete

sami-sami :)
ya semoga bermanfaat

Reply
avatar