Semangat Pahlawan, Semangat Pembelajar

Mengutip kata-kataAnis Matta, bahwa semangat kepahlawanan dan kekuatan cinta adalah sumber energi yang mendorong kita untuk terus menerus memberi, untuk berkontribusi tanpa henti dalam menciptakan taman kehidupan yang indah.

Dalam kehidupan sehari-hari, semangat kepahlawanan tercermin dalam diri seorang ibu, sebab hal tersebutlah yang mendorong ia tak pernah lelah memberi sesuatu kepada buah hatinya, berupa cinta dan kasih sayang. Sejalan dengan hal tersebut, seorangibu sudah seharusnya menambah kapasitas dirinya, baik berupa kemampuan dalam melakukan pekerjaan rumah maupun ilmu pengetahuan lainnya, sebab ibu adalah madrasah pertama bagi anaknya.

Sedangkan jiwa kepahlawanan dan cinta seorang ayah mendorong ia untuk melakukan yang terbaik untuk keluarganya. Menyiapkan diri  agar ia menjadi orang yang menpunyai nilai demi mengemban amanat memberi nafkah pada keluarga.

Seorang guru juga demikian, ia harus senantiasa terus belajar agar bisa memberi/mengajar murid-muridnya.
Bahwa semangat memberi berbanding lurus dengan kemampuan kita untuk memberi.

Hal tersebut berlaku bagi semua orang yang mempunyai semangat kepahlawanan dan cinta, bahwa ia harus terus belajar, sebab pepatah Arab mengatakan bahwa mereka yang tak punya apa-apa, takan bisa memberikan apa-apa, bukan?

Selamat hari pahlawan, selamat belajar.
Selamat Semangat! :)

Lina Astuti

Artikel Terkait

Previous
Next Post »