Cara Memasang Widget Reading Challenge Goodreads di Blog

Tahun baru, semangatnya juga baru dong! Biasanya nih tahun baru adalah waktu yang dipilih untuk menentukan target-target setahun ke depan. 

Kamu, sudah memasukkan membaca berapa banyak buku ke dalam list target di tahun 2017-mu belum? Kalau belum, kita tentukan sekarang yuk!

Kalau saya pribadi lebih senang menggunakan goodreads sebagai medianya. Dengan menggunakan menu 2017 Reading Challange yang ada di goodreads dan rajin update buku yang selesai kita baca, maka otomatis target kita akan terukur dan bisa terus kita pantau.

Tahun kemarin saya hanya mampu menyelesaikan sekitar 40% dari 50 buku yang saya targetkan. Melihat pencapaian tersebut, tahun ini targetnya saya pangkas setengahnya jadi 25 buku dengan syarat saya harus menulis review setelah selesai membacanya.

Goodreads memang tak sepopuler facebook, twitter, instagram, blog, dan medsos lainnya. Karena alasan itulah saya jarang membukanya, hanya beberapa kali saja selama sebulan. Tergantung buku yang akan dan telah saya baca. 

Untuk menyiasati target membacanya gak terlupa, saya memasang widget reading challenge-nya di halaman blog. Soalnya blog salah satu laman yang lumayan sering saya buka.

Cara memasangnya juga mudah. Kita hanya perlu login di halaman goodreads, pilih menu edit profil kemudian pilih widgets. Di situ ada pilihan widget yang ingin ditampilkan. Misalnya Cerently Reading, Reading Challenge, dll. 

Oia, sebelumnya kita harus tentukan dulu jumlah reading challenge-nya yang ada di halaman muka goodreads. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, challenge saya sebanyak 25 buku.

Nah, tampilannya seperti gambar di bawah ini. Di kotak bagian kanan ada kode html, klik lalu copy kode tersebut.


Setelah kode html dicopy, kita akan masuk ke laman blogger. Jangan lupa login terlebih dahulu kemudian masuk ke pengaturan tempat dan pilih tambah gedget. Setelah itu pilih menu tambah HTML/Java Script. Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Terakhir paste kode html yang tadi dicopy dan finally klik simpan.


Setelah pengaturan disimpan, kita bisa langsung melihat tampilan muka blog kita. Kalau cara tadi dilakukan dengan benar, maka tampilan reading challenge akan langsung tertera di blog kita.


Kalau sudah pasang widgetnya di blog, jangan lupa untuk update perkembangan alias kemajuan kamu membaca di goodreads. Dengan begitu otomatis widget reading challenge akan menyesuaikan.

Gimana, tertarikkah memasang target membaca di blogmu?

Artikel Terkait

Previous
Next Post »