Solusi Alergi Anak

dokpri
Semenjak menikah dan hamil, saya jadi lebih care tentang kesehatan. Mengingat dari kecil saya adalah anak yang mengidap alergi terhadap binatang tertentu, khususnya nyamuk.

Khawatir hal tersebut menurun ke anak saya nanti, karena itu saya mulai rajin searching informasi seputar alergi anak dan bagaimana cara penanganannya.

Langkah-langkah yang Bisa Diterapkan Sebagai Solusi Alergi Anak

Alergi pada anak dan bayi sering sekali terjadi baik karena faktor lingkungan maupun keturunan. Pada dasarnya, alergi yang disebabkan faktor lingkungan bisa diatasi dengan solusi alergi anak sesuai jenisnya. Sedangkan alergi yang disebabkan faktor keturunan, biasanya susah disembuhkan dan cukup dihindari saja penyebabnya agar alergi yang diderita tidak semakin parah.

Jenis-jenis alergi yang sering diderita anak:
  • Alergi zat kimia merupakan alergi yang diderita karena mengalami kontak dengan bahan detergen, pewangi, parfum, pewarna, pembersih, dan pestisida.
  • Alergi dermatitis atopik adalah jenis alergi yang bisa mengakibatkan kulit anak menjadi gatal, merah, bahkan mengelupas.
  • Alergi obat adalah jenis alergi anak terhadap obat yang dikonsumsi dan menyebabkan terjadinya infeksi.
  • Alergi rhinitis adalah jenis alergi yang bisa menyebabkan anak menjadi sesak napas, gatal, bengkak di bagian tertentu, mata berair, serta hidung yang meler terus menerus.
  • Alergi sengatan serangga adalah alergi yang disebabkan oleh sengatan serangga, seperti tungau yang ada di bantal atau sprei. Alergi ini menyebabkan gejala ruam pada kulit dan gatal-gatal.
  • Alergi musim adalah jenis alergi bagi anak yang tidak tahan dengan cuaca tertentu.

Berbagai jenis alergi tersebut apabila tidak dilakukan pencegahan dan mencari solusinya, pada umumnya dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan mengganggu sistem susunan saraf pusat (SSP). Untuk bayi yang masih berumur 4-6 bulan juga bisa terkena malnutrisi atau salah makan sehingga mengakibatkan mengalami alergi, diare, berak darah, muntah, dehidrasi, dan keracunan.

Oleh karena itu, lakukan tahap solusi alergi anak dengan konsultasikan alergi kepada dokter. Berikut ini adalah cara mencegah hal buruk yang bisa terjadi kepada anak karena kasus alergi.
  1. Melakukan anamneses atau mengecek riwayat keturunan alergi pada keluarga. Dengan begitu, apabila ada keluarga yang mempunyai alergi protein hewani, maka bayi bisa diberikan susu nabati seperti SGM Soya.
  2. Melakukan pemeriksaan skin test allergy, foto rontgen, dan juga pemeriksaan laboratorium.
  3. Tidak memberikan obat secara terus menerus karena justru akan membuat antibodi tubuh menurun.
  4. Melakukan vaksin campak, gondong, dan rubella.
Mengenali dan sadar gejala penyakit/alergi sedari dini itu lebih baik, bukan? Semoga kita terhindar dari segala penyakit ya.. :)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
Jum Jan 27, 06:54:00 PM delete

SGM Soya anaknya tante saya pernah minum, bukan karena alergi sih tapi karena diare deh rasanya. Sama dokter disuruh tukar minum susunya ke susu kedelai.

Reply
avatar
Lina Astuti
AUTHOR
Sel Feb 07, 12:05:00 PM delete

Kalau saya emang suka bgt sama sari kedelai :)

Reply
avatar
Jum Feb 24, 07:23:00 AM delete

Agak repot kalau ada anak punya alergi, apalagi kalau sakit test skin nya itu lho gak tegaaa bgt. Yg ga alergi aja jejeritan kesakitan apalagi yg ada alergi dan harus tetap di test untuk memasukkan obat, si emak menderita bgt nanti liatnya

Reply
avatar
Kanianingsih
AUTHOR
Rab Mar 15, 08:13:00 AM delete

anakku sempat alergi juga mba tapi seiring usia bertambah berkurang alerginya :)

Reply
avatar