Hati-Hati Modus Penipuan Baru di Konter Isi Pulsa

Zaman sekarang banyak beredar modus penipuan dengan berbagai macam motif yang berbeda. Mulai dari SMS mama minta pulsa sampai telepon memenangkan undian berhadiah.

Ada satu motif penipuan lagi yang baru saya alami beberapa waktu yang lalu. Kejadiannya saat saya tiba di terminal Kampung Rambutan dan menuju salah satu konter pengisian pulsa untuk melakukan isi ulang pulsa.

Seperti biasa, saya tulis nomor handphone di buku pemilik konter beserta nominal pembelian. Tak banyak memang, saya hanya mengisi 10 ribu rupiah. "Sudah dikirim, sebentar lagi pulsanya masuk ya, Neng." kata penjaga konter. Setelah membayar uang 12 ribu rupiah, karena lapar maka saya bergegas mencari tempat makan.

Tak lama kemudian ada SMS pemberitahuan, bahwa pengisian pulsa telah berhasil. Selesai makan di salah satu warteg, masih di area terminal Kampung Rambutan, saya mengeluarkan handphone lagi. Saya berniat untuk membeli paket data melalui operator seluler. Selesai memilih menu transaksi pembelian, namun hasilnya transaksi Anda belum berhasil karena pulsa tidak mencukupi.

Saya bertanya-tanya, mengapa bisa gagal padahal barusan sudah mengisi pulsa. Saya cek pulsa dan saldonya ternyata hanya Rp 1.000,_. Penasaran, saya cek SMS transaksi pengisian pulsa. Pantas saja, pulsa yang masuk hanya sebesar seribu rupiah. Sebelumnya sempat terkecoh karena beda satu angka nol saja.
gambar dari sini

Syukurnya, saya masih berada di area terminal Kampung Rambutan dan belum naik angkot ke tempat tujuan selanjutnya. Maka saya bergegas kembali ke konter tempat saya membeli pulsa untuk melakukan komplem karena pulsa yang masuk nominalnya keliru.

Sesampainya di konter, ternyata ada satu orang lagi yang bernasib sama dengan saya. Dia mengisi pulsa 50 ribu tapi pulsa yang masuk hanya 5 ribu. Akhirnya kita komplen sama-sama. Penjaga konter memeriksa transaksi di handphonenya dan mengaku salah dan mengganti kerugian kami.

Modus penipuan seperti ini kerap terjadi di tempat-tempat transit atau pemberhentian. Dimana pembeli pulsa hanya mampir sebentar lalu pergi ke tempat tujuannya sebelum memastikan transaksi yang masuk sudah sesuai. Beruntung jika masih berada di lokasi, kita bisa komplen dan meminta hak kita. Tapi banyak juga yang sudah keburu naik bus atau angkot dan tidak memungkinkan untuk kembali ke konter tersebut.

Mulai hari ini berhati-hatilah mengisi pulsa di konter tempat pemberhentian atau di jalan. Sebelum pergi, pastikan pulsa yang masuk sesuai dengan transaksi yang disepakati sebelumnya. Kecuali kalau kita punya waktu luang untuk kembali ke konter tersebut.

Tulisan juga ada di sini.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Min Apr 02, 09:23:00 PM delete

Iya repotnya kalau udah keburu naik angkot atau bus ya. Pas dicek di perjalanan belum masuk juga.

Reply
avatar