Inilah Mitos-Mitos Keliru Tentang Investasi Reksadana

Dari zaman baru keluar sekolah dan mulai masuk ke lingkungan kerja, saya sudah tertarik dengan usaha di luar bidang yang saya geluti pada waktu itu. Maklumlah, saya hanya seorang buruh pabrik. Tapi walaupun begitu, saya masih punya keinginan besar untuk berpenghasilan lebih dari ini. Usaha yang saya lirik pada waktu itu adalah berniaga dan investasi.

Untuk berniaga atau berdagang, sebetulnya sudah saya lakukan dari masih duduk di bangku SD. Waktu liburan sekolah, saya suka ikut-ikutan tetangga menjual layang-layang dan benangnya. Di pabrik tempat saya kerja pun, saya pernah menjual sendal jepit dan handycraft hasil buatan tangan saya sendiri.

Kalau untuk investasi, saya mulai mencari tahu jenis investasi beserta cara dan resikonya. Sebetulnya banyak sih investasi yang saya lirik. Saking banyaknya, sampai bingung mau pulih yang mana. Hehe.. Nah, salah satunya adalah jenis investasi reksadana.

Generasi muda masa kini tentu harus lebih peduli terhadap investasi. Karena tidak pernah ada kata terlalu dini untuk memulai investasi. Iya, kan? Alangkah lebih baik jika kita bisa menyisihkan pendapatan untuk memulai investasi dari sekarang. Demi masa depan yang cerah dan bahagia. aamiin :D

Reksadana menjadi salah satu pilihan investasi yang modern dan mudah dijalankan. Sayangnya, masih banyak mitos keliru yang beredar seputar reksadana. Kita wajib mengenali mitos keliru tersebut supaya tidak terjebak dalam persepsi yang salah. Mari simak dulu ulasan apa itu reksadana dan cara memulainya!

Memulai Investasi Reksadana Itu Sulit

Dahulu investasi reksadana identik dengan investasi yang rumit dan hanya cocok untuk masyarakat kalangan menengah ke atas. Namun kini semua hal tersebut sudah berubah. Pemahaman tentang investasi reksadana bisa dipelajari dari banyak sumber. Sehingga tentu saja tidak sulit untuk memahami proses investasi reksadana bila kita berminat memilikinya.

Reksadana Butuh Modal Besar

Reksadana tidak membutuhkan modal besar yang berkisar di angka jutaan hingga ratusan juta rupiah. Karena ternyata ada produk reksadana dengan modal awal berkisar di angka ratusan ribu rupiah saja. Jadi, tentu saja kita tidak perlu susah payah mengumpulkan banyak uang bila ingin berinvestasi reksadana. Sebab kita bisa mulai belajar menjalankan investasi ini dari modal yang kecil.

Mengurus Investasi Reksadana Itu Rumit

Kita tidak perlu bingung ketika akan menjalankan investasi reksadana. Karena kita bisa memanfaatkan jasa perusahaan manajer investasi untuk membantu pengelolaan investasi tersebut. Manajer investasi terbesar di Indonesia yang diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) memiliki reputasi yang baik dalam hal reksadana. Kita pun bisa turut memantau investasi reksadana melalui laporan yang diajukan oleh manajer investasi tersebut.

Reksadana Membuat Kita Lekas Kaya atau Jatuh Miskin

Investasi reksadana bukanlah judi yang bisa membuat kita miskin seketika. Sebab kita sendiri juga harus mengukur kemampuan ketika berinvestasi. Butuh waktu yang lama untuk mendapatkan keuntungan berlipat ganda dari modal kecil. Bahkan ada produk reksadana terproteksi yang melindungi nilai investasi kita. Sehingga risiko kerugian besar pun dapat diminimalkan.

Kecermatan kita dalam mengolah informasi dan referensi seputar reksadana pasti akan mempengaruhi keputusan kita. Namun kita tak perlu ragu berinvestasi jika sudah memiliki pengetahuan yang cukup. Yuk siapkan perencanaan terbaik untuk mendukung investasi reksadana yang kita inginkan!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
Tia Marty
AUTHOR
Sel Apr 04, 07:26:00 AM delete

Iya penting banget nih belajar Reksadana, makasih infonya ya teteh cantik

Reply
avatar
Sel Apr 04, 09:14:00 AM delete

makasi lina infonya aku memang gak paham banget dengan reksadana

Reply
avatar
artha amalia
AUTHOR
Jum Apr 07, 11:01:00 AM delete

Bagi yg gak tau, emang ngira kalau asuransi itu merugikan. Bayar mahal per bulan, tapi klaim susah. Makanya perlu banyak edukasi macam gini...biar tahu apa sih asuransi itu. Padahal banyak untungnya loh...macam kalau kita belanja dan cek harga dulu via priceza.co.id dapat barang harga terjangkau sesuai keinginan

Reply
avatar
Jum Apr 07, 06:38:00 PM delete

Btw..reksadana itu halal kah mbak?

Reply
avatar
sari widiarti
AUTHOR
Sab Jun 17, 01:41:00 PM delete

yang bikin maju mundur untuk reksadana, katanya harus punya asuransi, entah bener atau nggak gitu :D

Reply
avatar