Yuk, Berlibur Ke-5 Negara yang Memiliki Biaya Hidup Murah!

Liburan ke luar negeri selalu identik dengan kata mahal, iya nggak sih? Apalagi kalau liburannya ke Benua Eropa atau Amerika. Belum lagi dengan biaya pembuatan visa. Eh tetapi, ternyata masih ada negara-negara di Benua Eropa dan Amerika yang masih bersahabat dengan biaya hidup untuk para traveler, khususnya backpacker, loh. Seperti negara-negara di bawah ini yang berada di Benua Asia Tenggara, Eropa, ataupun Amerika bisa dijadikan pilihan untuk berlibur ke luar negeri dengan biaya hemat.
Candi Angkor, Kamboja (foto by amikomalasari.wordpress.com)
1. Kamboja
Negara Kamboja yang termasuk keanggotaan ASEAN menawarkan liburan tak hanya menyenangkan, tapi juga murah. Bayangkan saja, untuk penginapan hanya dengan mengeluarkan kocek Rp50.000 kita sudah bisa tidur di sebuah hostel. Begitu pun untuk makanannya, di Kamboja satu porsi makan sekitar Rp40.000 hingga Rp60.000. Namun, bagi muslim harus lebih berhati-hati dan cermat saat memilih makanan di Kamboja.  Untuk objek wisatanya, kita bisa mendatangi ciri khas pariwisata di Kamboja, yakni Angkor Wat atau Candi Kota karena candi yang memiliki luas 76.000 meter persegi ini berada di tengah kota. Hanya dengan Rp203.000 per kelompok, kita sudah bisa berkeliling seharian menggunakan tuk-tuk (alat transportasi serupa delman tapi menggunakan motor). Malamnya, kita bisa mengunjungi Angkor Night Market untuk mencari oleh-oleh, misalkan kain khas tradisonal Kamboja, Krama.
Pantai pasir putih Mue Nei, Vietnam
2. Vietnam
Negara Vietnam yang berada paling timur di Semenanjung Indocina Asia Tenggara ini menawarkan destinasi yang memukau, seperti Pantai Mue Nei yang berpasir putih atau Dalat sebuah kota cocok untuk berbulan madu, dengan pemandangan lanskap danau dan pegunungan serta suasana sejuk dan tenang. Untuk urusan makanan dan minuman,  harga satu cangkir kopi hanya sekitar Rp12.000. Bahkan dengan Rp10.000 saja kita sudah bisa mencicipi Banh Mi (sejenis sandwich) dan sepiring spring rolls Rp36.000. Pergi ke mana saja pun tergolong murah dan mudah. Kita dapat memilih menggunakan taksi, ojek online, ataupun bus. Untuk harga bus sekitar Rp15.000 hingga Rp42.000 dan rate untuk taksi per kilometernya Rp6.700 hingga Rp7.280. Tak jauh dengan harga hostel di Kamboja, di Vietnam pun kita dapat menginap semalam dengan kocek mulai dari Rp68.000.

Jembatan Chain, Hongaria (foto by pixabay.com
3. Hongaria
Hongaria termasuk salah satu negara di Eropa dengan kota bersejarah. Beberapa objek wisata yang layak dikunjungi, seperti Danau Balaton, Jembatan Chain, atau Botanical Garden. Ibu Kota Hongaria, yakni Budapest, selalu dianggap memiliki biaya hidup mahal termasuk untuk berlibur. Padahal biaya hidup di Budapest jauh lebih murah dibandingkan dengan negara Eropa lainnya. Mata uang Hongaria, yakni Hungarian Forint, 300 HUF senilai Rp15.519. Tak seperti harga hostel di negara Eropa lainnya, di Hongaria harga hostel semalam sekitar Rp130.000 dan hotel Rp190.000 sampai Rp525.000. Begitu pun dengan harga makanan, kamu bisa menekannya dalam sekali makan Rp65.000 sekelas negara di Benua Eropa.
Monesteri Sanahim, salah satu bangunan bersejarah di Armenia (foto by: perigundul.com)
4. Armenia
Nah, jika kita ingin mengunjungi salah satu negara di Eropa, tapi bujet terbatas dapat menjadikan Armenia sebagai tujuannya. Armenia, Ibu Kota Yerepan ini, dikenal sebagai salah satu kota di dunia dan tempat dimana terdamparnya bahtera Nabi Nuh Alaihissalam. Objek wisata di Yerepan pun banyak yang gratis, lho! Contohnya saja bangunan-bangunan bekas gereja bergaya klasik. Untuk makanan saja satu buah roti hanya Rp6.000. Sedangkan untuk akomodasi jika  datang berkelompok lebih baik menyewa apartemen yang dipatok mulai dari Rp400.000 sampai dengan Rp500.000. Sesampainya di Yerepan, kamu diharuskan untuk membuat Visa on Arrival dengan biaya mulai dari Rp68.000
 
Grand Palace, Thailand (foto by: bangkok.com)
5. Thailand
Hindari daerah Sukhumvit jika tak ingin terjebak dengan harga-harganya yang selangit. Untuk mencari penginapan murah, kita bisa datang ke daerah Khaosan Road. Untuk berkeliling objek wisata di Kota Bangkok ini, kita bisa memanfaatkan transportasi umum salah satunya BTS (Bangkok Mass Transit System) mulai dari Rp6.038 hingga Rp16.012 atau jika berkelompok lebih baik menggunakan taksi sehingga bisa dibagi dengan jumlah orang yang ikut. Nah, untuk makan, pilih saja makanan khas Thailand yang dijual di pinggiran jalan dengan harga mulai dari Rp15.000 hingga Rp30.000. Jangan khawatir dengan rasanya, dijamin enak dan bersih! Untuk objek wisata, sempatkan diri untuk berkunjung ke Wat Hua Krabeu atau Taman Suan Rot Fai, tanpa dipungut biaya sedikit pun.

Pada umumnya, harga tiket pesawat di negara-negara di atas jika dilihat dari situs online sekitar mulai dari Rp1.461.000 hingga Rp13.979.900. Agar lebih pasti, kamu dapat cek harga tiket melalui Reservasi.com yang bisa diakses melalui website atau aplikasi yang tersedia di Play Store dan App Store.

Weeeh, jadi ngiler kan? Hehe..., yuk siapkan waktu dan uang untuk liburan!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

18 komentar

Write komentar
Sen Agt 28, 12:23:00 AM delete

Saya terpikat dengan bangunan2 khasnya
Blm kesaimpaian utk menjejak di negeri sebrang

Reply
avatar
Sen Agt 28, 10:18:00 AM delete

wah murah-murah banget ya, mbak biaya hotelnya. tinggal kumpulin uangnya nih. he

Reply
avatar
Liswanti
AUTHOR
Rab Agt 30, 05:29:00 AM delete

Saya pengen ke Thailand dan Vietnam. Ternyata ga terlalu mahal disana ya

Reply
avatar
Rab Agt 30, 02:11:00 PM delete

Armenia... semoga bisa main kesana...

Reply
avatar
Jum Sep 01, 01:13:00 PM delete

semoga bisa mengunjungi 5 negara ini yaaa pakai reservasi...

Reply
avatar
Lina Astuti
AUTHOR
Sab Sep 02, 09:35:00 PM delete

semoga kesampaian ya teh..

Reply
avatar
Min Sep 03, 12:03:00 AM delete

wah kudu kerja keras ini sekarang kalo mau kesana, biar bisa pulang lagi hehe

Reply
avatar
Lina Astuti
AUTHOR
Rab Sep 06, 09:56:00 PM delete

Hahaha.. Bener banget mas XD

Reply
avatar
Nelly Ervina
AUTHOR
Kam Sep 07, 08:40:00 AM delete

pengen ke Hongaria deh.. haha..sepertinya bagus banget disana

Reply
avatar
Ikrom Zayn
AUTHOR
Sel Sep 12, 01:03:00 PM delete

Filipina juga murah loh
tapi siap2 lagi perang heuheu

Reply
avatar
Lina Astuti
AUTHOR
Sel Sep 12, 04:04:00 PM delete

Hahaha... Mas Ikrom duluan ya..diniatkan jihad

Reply
avatar
Rab Sep 13, 09:22:00 PM delete

Dari smua itu gua lebih milih ke thailand deh kk.
Spot wisatanya lebih tergolong ke wisata international. Dan sangat cocok buat kita yang berkantong tipis.

Reply
avatar