Ibu RT Ngomongin Politik: Tentang Beragam Pemahaman Mengenai Politik Saat Ini

Politik, foto: cameotv.com
Kalau ditanya, ibu rumah tangga boleh gak sih ngomogin soal politik? Tentu jawabannya boleh-boleh saja dong. Dari pada ngomongin tetangga sebelah atau ngebahas isu berakhirnya rumah tangga artis alias ngegosip. Karena berita politik kini telah menjadi topik yang dibicarakan oleh segala lini masyarakat, mulai dari kalangan bawah, menengah sampai ke kalangan elit masyarakat.
Berita politik memang tidak akan pernah habis untuk dibahas dan menjadi topik yang hangat diberikan setiap harinya, karena memang bangsa kita sangat lekat dengan kehidupan politiknya. Sebut saja dengan banyaknya parpol atau partai politik yang memiliki visi  dan misinya masing- masing, di mana masyarakat dengan bebas dapat memilih partai politik mana yang dapat mempejuangkan hak-haknya sebagai warga negara. Pemberitaan politik yang simpang siur bahkan dikaitkan dengan agama ataupun ras, merupakan topik yang sedang hangat dibicarakan, namun alangkah lebih bijak jika kita tidak terpengaruh dengan berita yang belum pasti untuk tetap menjaga persatuan bangsa. Sebagai masyarakat yang awam terhadap pengetahuan politik, sebaiknya kita lebih mencari dan menggali lebih banyak informasi yang sebenar-sebenarnya mengenai berbagai acam pembicaraan yang dapat memicu perpecahan.
Berita politik sendiri dapat ditilik dari sudut pandang yang berbeda, di antaranya politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama. Selain itu, politik juga dapat diartikan sebagai hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara. Politik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat, dan politik adalah segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik. Kunci dari pemahaman politik terdiri dari kekuasaan politik, legitimasi, sistem politik, perilaku politik, dan partisipasi politik. Pada partisipasi politik tersebut, sebagai warga negara yang turut serta dalam pesta demokrasi politik, sebaiknya memang kita mengetahui seluk beluk tentang partai politik agar dapat memilih yang tepat pada pemilu nantinya.
Dari uraian di atas sangat jelas bahwa pemerintah dan juga warga negaranya sangat berkepentingan dan memiliki peranan masing–masing dalam ranah politik, namun dengan porsi yang sesuai serta dengan peran yang telah ditentukan. Berita politik yang ada semestinya dapat menjadi pemersatu bangsa, bukannya menjadi pemecah antar warga negara Indonesia karena berbagai macam persoalan politik yang diselubungi dengan niat–niat tidak bertanggungjawab dari elemen politik yang memiliki tujuan tertentu, salah satunya tujuan untuk memecah belah. Perpecahan karena politik tidak akan terjadi jika kita sebagai warga negara cerdas dalam menyikapi suatu persoalan yang terjadi, hingga menyikapi berbagai pemberitaan dengan kepala yang dingin tanpa diikut dengan sikap yang memicu perpecahan tersebut.
Jadi mulai sekarang baca berita politik nasional yang jujur dan benar serta tidak memecah belah bangsa. Bukan cuman asal comot dari beranda facebook misalnya, atau dari portal berita yang pro terhadap satu parpol saja sehingga kita mudah terpengaruh. Berita apapun yang kita dapat harus disaring dan diperkuat dengan sumber dari referensi yang terpercaya tentunya. Satu lagi yang terpenting, sibuk baca dan ngomongin politik apa pekerjaan ibu rumah tangganya sudah kelar, Mak? Jangan sampai kondisi politik rumah tangganya yang kacau balau. Hihihi..

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
Sen Sep 18, 09:08:00 PM delete

Pengetahuan politik penting.

Namun hendaknya tidak menyeret kita lebih jauh. Karena bukan ahlinya. Bisa malah nambah ruwet urusan sendiri.

Serahkan saja kepada ahlinya.

Kita doakan yang terbaik .. !

#self_reminder

Nice artikel sister ... !

Reply
avatar
Sab Sep 30, 09:39:00 AM delete

Ibu rumah tangga memang perlu juga ilmu politik,karena mereka juga punya hak suara dalam penentuan pemilian pemimpin bangsa. Jangan sampai ia salah pilih hanya karena iming2 tak seberapa.

Reply
avatar
Nur Asyah
AUTHOR
Sen Okt 16, 09:41:00 PM delete

IRT juga harus melek politik, karena sebenarnya politik dan masyarakat itu gk bisa terpisahkan. Ada negera karena ada masyarakat. Negara kalau tidak pemerintahan gk akan ada Bangsa..

Reply
avatar