Lewat Radio

Lewat radio
Aku sampaikan
Kerinduan yang lama terpendam
(Radio, Sheila on 7)


Image: IG @ferialtabur


Jadi ceritanya hari Minggu kemarin earphone punya suami ketinggalan di kamar. Bagai nemu barang berharga banget gitu, secara saya gak punya. Hohoho. Earphone bawaan dari hp raib entah kemana. Jadilah malam ini memanfaatkannya untuk dengerin radio lewat hp. Pada tahu kan kalau dengerin radio lewat hp harus pakai earphone yang berfungsi sebagai antenanya. Kecuali streaming kali ya, tapi kan mayan pake pulsa.

Sambil nungguin baby Denji yang lagi bobo ganteng, saya setel radio dengan volume sayup-sayup. Stasiun radio yang otomatis tertangkap cuman 3 biji, dan saya langsung tahu ketiga stasiun radio tersebut: Lazuar FM, FB FM, ADS legeg sunda gaya menak. Yang terakhir radio legendaris di Cikampek yang banyak mengangkat budaya sunda. Ketiganya merupakan radio-radio yang cukup besar di kota saya, mangkanya jangkauan siarannya juga lumayan jauh dan suaranya bening. Cling!

Ngomongin soal radio jadi ingat zaman masih sekolah madrasah dulu. Waktu itu radio lagi hit-hitnya. Kebetulan di deket madrasah tempat saya sekolah ada studio radio. Saya dan teman-teman suka beli atensi (kertas buat kirim-kirim salam dan riquest lagu). Waktu itu satu lembar atensi harganya 250 rupiah, lumayan mahal sih buat anak madrasah kayak saya dan teman-teman, mangkanya belinya juga patungan. 

Pernah sekali kepergok guru madrasah dan atensinya dibacain keras-keras di depan kelas. Riquest lagunya I lay my love on you-nya Westlife. Terus dikomentarin sama guru madrasah saya itu, "Deuh nulis judul lagu bahasa Inggris mah meuni bisaan, kalau nulis hafalan suratnya meuni hese" kata beliau. Wkwkwkwk... Terus kita sembunyi-sembunyi kalau beli atensi lagi.
Selain atensi saya juga sesekali riquest lagu dan kirim pesan lewat radio pakai telepon umum koin. Tapi nelponnya pas offair, gak pede soalnya ngomongnya gugup. Wkwkwkkw... Tepok jidat.

Tapi asli itu cuman untuk seru-seruan aja sih, ngilangin rasa penasaran aja gitu dengan sesuatu hal yang baru pada saat itu. 

Beda lagi pas saya udah SMA, kirim-kirim salamnya udah gak pakai atensi lembaran, melainkan menggunakan sms. Waktu itu radio masih ngehit lah ya, apalagi banyak juga penyiarnya yang berstatus pelajar SMA. Masih inget gitu lagu yang sering saya riquest, kalau enggak Lagu Rindu-nya Kerispatih ya lagunya Club 80's yang "...andai engkau tahu, bila menjadi aku.." hehe lupa judunya apa itu XD

Pas SMA saya juga pernah ikutan daftar di acara Guest DJ School di radio Lazuar FM dan kepilih bareng sahabat zaman SMA, Euis Nurhayati. Lumayan jadi pengalaman berharga waktu itu bisa masuk ruang siar dan ikut mengudara. Besoknya mendadak jadi tenar gitu di sekolah. Wkwkwk..

Flashback lebih jauh lagi, almarhum bapak juga sering mendengarkan radio. Jauh sebelum saya mengenal atensi, telepon umum, atau sms, setiap malamnya sandiwara radio atau siaran berita RRI selalu  mengudara di ruang dengar rumah kami hingga suaranya berubah "kresek-kresek" tanda siaran radio telah usai membersamai lelap kami sekeluarga.

Walaupun sekarang radio udah gak seeksis dulu, tapi saya percaya kalau siaran radio tidak akan tergerus zaman. Buktinya masih banyak radio yang mengudara, para pengendara yang membutuhkan info atau hiburan lewat radio, atau sekedar seseorang yang rindu menjadikan kamarnya sebagai ruang dengar dari radio kesayangan seperti saya ini..

*

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
Sel Nov 07, 09:17:00 PM delete

Jadi inget zaman SMP dan SMA, suka banget dengerin radio :D

Reply
avatar
Mildaini
AUTHOR
Rab Nov 08, 12:24:00 AM delete

ya, elah itu radio....unik banget ya...aku masih suka loh sampai skearang dengerin radio

Reply
avatar
Ucig
AUTHOR
Rab Nov 08, 05:56:00 AM delete

Radio memiliki tempat di hati aku hihiiii.l. Wah asyik bisa ikut masuk ruang siarannya. Dulu mah aku cuma banci kuis radio, lumayan ��

Reply
avatar
Dewi Rieka
AUTHOR
Jum Nov 17, 06:50:00 PM delete

Sampai sekarang masih suka denger radio pas beberes dan ngetik, biar segeer..

Reply
avatar
Jum Nov 17, 08:09:00 PM delete

Ko kita samaan ya mba. Terakhie belakangan ini Saya juga lg seneng denger radio lagi (by hp) :D sampe ketiduran malah
Hahahhaha

Reply
avatar