Tak Hanya Ibu, Ayah Juga Harus Melakukan Persiapan Menyusui

by - Senin, April 16, 2018

Persiapan menyusui baiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum melahirkan, terlebih bagi calon ibu yang baru pertama kali mengalaminya, seperti dilansir dari laman muslimah.or.id (11/9/2011).

Akan tetapi, persiapan menyusui ini bukan hanya dilakukan oleh calon ibu saja, lho. Para calon ayah juga harus melakukannya. Karena menurut Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), yang dilansir dari laman dokter-keluarga.com (6/2/2018), bahwa ibu gagal menyusui adalah kegagalan ayah, keluarga, dan juga lingkungannya.

Sumber gambar: hellosehat.com

5 persiapan menyusui ini penting dilakukan oleh ayah. Apa saja? Cek satu-satu, yuk!

Pertama, ayah cari tahu informasi mengenai persiapan menyusui yang tepat melalui media atau bahkan ahlinya langsung. Setelah itu share dan diskusikan pengetahuan itu ke istri. 

Kedua, berikan dukungan penuh terhadap istri. Tunjukkan rasa percaya, bahwa istri Anda kelak bisa menyusui anak kalian dengan sepenuh cinta.

Ketiga, penuhi kebutuhan nutrisinya selama hamil. Sering-sering ingatkan istri Anda untuk makan buah, sayur, susu, minum, dan istirahat yang cukup.

Keempat, ajak istri Anda untuk membeli bra, baju menyusui, apron, dan alat-alat perlengkapan pompa ASI untuk mendukung proses menyusuinya nanti. 

Kelima, jangan segan-segan untuk membantu pekerjaan rumah tanpa diminta. Saat istri terlihat lelah, pijatan lembut Anda di bahu atau kakinya akan sangat membantu mengurangi lelah atau stresnya. 

Nah, itu dia persiapan menyusui yang bisa ayah lakukan. Lakukan dengan sepenuh cinta agar istri bahagia dan sukses memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan lanjut memberikannya hingga 2 tahun. Ayah sudah siap melakukannya?

You May Also Like

4 komentar

  1. Alhamdulillah anak dua ASInya lancar jaya. Tentu tak luput dari dukungan Bapaknya yang memang dari awal mendukung rencana saya untuk ASI Eksklusif dan lanjut sampai 2 tahun menyusui.
    Memang support dari seorang Ayah penting dampaknya bagi keberhasilan pemberian ASI.

    BalasHapus
  2. Save, meskipun saya belum jadi ayam, setidaknya ini artikel bisa saya jadikan acuan buat suatu saat nanti dimana saya pasti jadi seorang ayah.
    Makasih sharingnya :)

    BalasHapus