Kiat Mudah Membersihkan Rumah Setelah Lebaran

by - Rabu, Mei 02, 2018

Hari Lebaran memang identik dengan kumpul keluarga besar di rumah. Jika rumah kita yang kedapatan menjadi basecamp keluarga besar, tentu ada pekerjaan rumah tersendiri ketika para tamu pulang. Yup! Membersihkan rumah dan menata ulang furniture.

Hal ini tidak perlu dipusingkan, karena sudah banyak jasa general cleaning yang bisa kita gunakan. Jasa cleaning service rumah ini akan sangat membantu kita untuk membersihkan rumah dengan cepat. 

Www.revistabemmulher.com

Namun terkadang untuk beberapa orang, jasa ini terlalu mahal. Apalagi saat musim Lebaran. Nah, mau tidak mau, kita pun harus turun tangan membersihkan dan merapikan rumah seperti sedia kala. Di sini saya akan berbagi tips untuk merapikan rumah. Seperti apa? Simak berikut ini.

Sortir sebelum disimpan
Sebelum dimasukkan ke gudang, sebaiknya taruh semua barang dalam satu tempat. Bersihkan kembali dan pilih satu demi satu. Hal ini dilakukan agar kita mengetahui mana barang yang menjadi prioritas, dan mana yang jarang digunakan. Selain itu, penyortiran ini juga bisa memudahkan kita ketika pencarian.

Memanfaatkan space kosong
Segala macam alat makan yang jarang digunakan wajib masuk ke gudang. Susun kembali peralatan makan tersebut dengan rapi. Manfaatkan space kosong yang ada. Misalnya menumpuk piring makan dari yang besar ke yang kecil. Jadi gudang pun tidak akan kepenuhan karena salah mengaturnya.

Hibah barang
Jika Lebaran ini kita mendapat barang-barang baru pemberian orang lain, tandanya barang lama harus dihibahkan atau diberikan agar tidak penuh dan sumpek. Selain dapat membuat rumah lebih lega, memberikan barang lama layak pakai ini juga bisa membantu orang lain yang membutuhkan barang tersebut.

Bersihkan dengan segera
Bersihkan kembali barang-barang yang keluar dari gudang atau lemari penyimpanan. Misalnya saja taplak meja, piring, serbet, hingga alat shalat. Sebelum mereka kembali ke “rumahnya”, bersihkanlah segera tanpa ditunda. Misalnya dicuci sendiri atau jika perlu di-laundry. Karena jika terdapat noda dan didiamkan lama, benda tersebut tentu tidak akan layak pakai.

Nah, itu dia 4 tips membersihkan rumah setelah lebaran. Semoga tipsnya berguna dan bisa dipraktekkan di rumah, ya.

You May Also Like

6 komentar

  1. Kereeennn... emang yang namanya bersih-bersih itu kadang nyebelin tapi seru, biasanya saya lebih suka menyortir barang untuk 'dibuang' (dihibahkan)

    Paling sebal kalau liat rumah penuh gak karuan :)

    BalasHapus
  2. Wuah..iya nih PR banget.kalau lagi rame misalnya hari raya bisa lebih ekstra beberesnya

    BalasHapus
  3. hibah barang biasanya nanti aku dapat lagi dikasi orang hehehe alhamdulilah rezeki mah ya

    BalasHapus
  4. Wah belum puasa udah baca ini aja hahaha...terima kasih tipsnya ya

    BalasHapus
  5. Wuah iya bener, sesuatu banget kalau abis ada acara itu butuh tenaga ekstra buat beres2ny��

    BalasHapus
  6. hibah barang biasanya baju2 sih Lin, tetep aja rumah penuh :D

    BalasHapus