3 Tips Jitu dapat Jaminan Kualitas saat Berbelanja HP secara Online

by - Senin, Juli 09, 2018


Beberapa pekan lalu suami habis beli handphone baru. Judulnya sih kepepet, karena hp satu-satunya yang digunakan untuk berkomunikasi bagi pasangan Long Distance Marriage (LDM) seperti kami ini rusak. Duh, mana tahan sehari saja tidak mendengar suara satu sama lainnya. 

Tapi karena belanja HP baru ini tidak ada di anggaran belanja bulan ini, mau tidak mau harus memangkas anggaran yang lain. Pilihan HP-nya pun cukup yang konvensional, asalkan bisa telepon dan sms. Mulailah suami saya berselancar di dunia maya dan memutuskan membeli HP di salah satu marketplace yang cukup terkemuka.

Selang beberapa hari HP pesanan suami datang. Setelah dicek semuanya terlihat OK dan baterainya pun masih penuh. Namun ketika hendak dicharger, ternyata kok tidak mengisi. Apa mungkin chargernya rusak? Namun setelah dicoba menggunakan charger lain hasilnya tetap tidak mengisi. Setelah baterainya benar-benar habis, HP itu mati total dan tidak bisa digunakan lagi.

Setelah dicari tahu lebih jauh, sepertinya memang tidak original. Pantas saja, pas saya pegang kok rasanya lebih ringan bila dibandingkan dengan HP sejenis. Padahal biasanya HP dengan merek tersebut bisa dibilang memiliki mesin yang bandel.

Kalau sudah begini, muncul rasa menyesal belanja HP secara online. Tapi ketika dipikir-pikir lagi, hal ini bisa kejadian karena emang kurang hati-hati dalam memilih seller saat membeli HP.

Dari pengalaman saya dan suami, barangkali beberapa tips berikut ini bisa dicoba saat memutuskan untuk membeli HP secara online:

1. Pastikan jika berbelanja di marketplace, cek terlebih dahulu performa seller yang menjual barang yang akan kita beli. Lihat berapa bintang yang diberi oleh pembeli sebelumnya beserta testimoninya dan memberikan jaminan atau garansi.

2. Jangan tergiur dengan harga yang lebih murah. Malahan kita wajib curiga jika ada seller yang berani mematok harga jauh di bawah harga pasaran. Bisa jadi produknya tidak original alias KW.

3. Cari marketplace yang bekerjasama dengan brand HP secara langsung. Misalkan saja yang juga kebetulan sedang ada promo saat ini adalah produk Samsung di blibli.com yang mengusung tema Samsung Back to School. Biasanya dengan adanya promo tersebut, kita juga bisa mendapatkan potongan harga dengan memasukkan kode voucher tertentu dengan membeli produk di Samsung officialnya langsung.


Saya sudah coba searching di web blibli.com dan mencari seller yang jual Samsung J7 duo, emang lagi ngincer tipe itu. Teman-teman juga bisa cek langsung di link berikut https://www.blibli.com/jual/samsung-j7-duo. Kemudian akan keluar beberapa pilihan seller dengan harga yang cukup bersaing, salah satunya adalah dari Samsung officialnya, jadi pasti lebih aman dan mutunya terjamin.

Sekarang kekhawatiran untuk membeli HP secara online sirna sudah, asalkan memang mempraktekkan 3 tips di atas. Atau mungkin teman-teman ada tips tambahan yang lain? Jangan segan berbagi di kolom komentar, ya.


You May Also Like

2 komentar

  1. suami aku nih suka beli hape via online, alhamdulillah udah tiga kali beli aman saja

    BalasHapus
  2. iya kalau beli hp online harus hati2 alhmadulilah suami udah 3x beli di blibli ga ada masalah bahkan aku beli TV juga di bli2 >> orangnya mager keluar n macet2an jadi milih online saja aku mah mba :p

    BalasHapus