Tips Mengenali Ciri-ciri MPASi yang Tidak Sehat

by - Selasa, Agustus 14, 2018


Memberikan makanan pendamping air susu ibu atau MPASI pada bayi memang gampang-gampang sulit.  Sebab ibu harus memutar otak untuk memberikan yang terbaik bagi bayinya.  Tentunya MPASI yang diberikan kepada bayi tidak bisa sembarangan.  Harus dipertimbangkan dari segi kebersihan,  kelengkapan gizi dan lain sebagainya.  Hal ini karena pencernaan bayi masih sangat sensitif sehingga dikhawatirkan akan melukai atau membuat pencernaan bayi terganggu jika kita asal asalan memberikan MPASI pada bayi.  Maka dari itu ibu harus memastikan jika MPASI yang diberika kepada bayinya itu sudah sehat.  Dengan cara mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi ciri ciri bahaya mpasi instan tidak sehat. Berikut penjelasannya:
dokpri


1. Tidak mengandung gizi seimbang
Tujuan utama pemberian MPASI kepada bayi adalah untuk memberikan asupan gizi yang seimbang pada bayi, yang berfungsi untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Maka jika dalam MPASI yang ibu berikan kepada bayi ibu tidak mengandung gizi seimbang maka bisa jadi MPASI itu belum termasuk ke dalam MPASI yang sehat.  Pastikan ibu memilah bahan bahan yang kaya akan gizi untuk digunakan sebagai olahan MPASI bayi.

Gambar: mpasi.org

2. Mengandung zat kimia berlebih
Termasuk yang disebut sebagai MPASI tidak sehat itu adalah MPASI yang didalamnya terdapat zat kimia berlebih.  Biasanya ini terdapat pada MPASI instan dan ini merupakan salah satu bahaya dari MPASI instan.  Sebaiknya ibu memilih MPASI alami saja.  Atau jauhkan bayi ibu dari makanan makanan ringan yang mengandung banyak zat kimia.  Pastikan bayi ibu hanya mengonsumsi MPASI alami buatan ibu di rumah saja. 

Gambar: mommiesdialy.com

3. Dibuat dari makanan yang tidak segar
Adapun dalam pembuatan MPASI alami,  ibu juga harus memperhatikan bahan yang digunakan.  Pastikan MPASI anak dibuat dari makanan yang segar.  Jika dibuat dari buah dan sayur,  maka pastikan buah dan sayurnya dalam kondisi yang baik dan segar.  Makanan yang segar juga bisa menghindarkan bayi dari keracunan. 

Itulah beberapa ciri MPASI yang tidak sehat.  Perlu ibu ketahui juga jika MPASI tidak harus instan. Yang penting menu sederhana buatan ibu juga asal sehat dan sesuai dengan kebutuhan gizi anak maka itu bisa diberikan pada bayi.  

You May Also Like

0 komentar