Bingung Memilih Sabun Batangan atau Cair untuk Bayi? Cek Terlebih Dahulu Kelebihan dan Kekurangannya

by - Sabtu, Mei 11, 2019

Saat menjadi ibu baru, banyak hal yang menjadi kegalauan alias kebingungan saya dalam memilih sesuatu buat bayi, salah satunya dalam hal memilih peralatan mandi seperti sabun. Pakai yang batangan atau sabun cair, ya? So, kedua-duanya banyak tersedia di pasar dan bisa saya dapatkan dengan mudah. Dari pada bingung, saya pun coba menggunakan keduanya supaya bisa membandingkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Menepis anggapan bahwa "buat anak kok coba-coba" wkwkwkkw.. Ya, kalau gak dicoba mana kita tahu. So, kita selalu dituntut untuk belajar dari pengalaman dan kesalahan.


Buat ibu-ibu yang enggak mau coba-coba seperti saya, mungkin ulasan kelebihan dan kekurangan dari sabun batang dan sabun cair berikut bisa sedikit membantu dalam memutuskan pilihannya:

1. Sabun Cair
Antara sabun mandi cair bayi dan batangan sesungguhnya memiliki kandungan yang sama, namun diproses dengan cara berbeda. Kelebihan dari sabun cair sendiri adalah:
  • Lebih higienis karena sisa sabun masih berada di dalam botol dan tidak bersentuhan dengan tangan
  • Lebih praktis untuk dibawa 
  • Wanginya lebih harum dan tahan lama
  • Lebih mudah untuk diratakan di tubuh

Sementara kekurangan dari produk sabun cair sendiri adalah:
  • Rawan untuk tidak hemat jika pengguna tidak bisa memperkirakan takaran yang dibutuhkan. Padahal hanya butuh sedikit saja busa sudah banyak di tubuh dan sudah bisa membersihkan.

2. Sabun Batangan
Patut diingat bahwa antara sabun batangan dengan sabun mandi cair untuk bayi memiliki kandungan yang sama untuk kulit bayi. Sehingga kelebihan dan kekurangan lebih mengarah ke kenyamanan konsumen. Berikut adalah kelebihan produk sabun batangan:
  • Harganya umumnya lebih murah dibanding sabun cair 
  • Karena bentuknya padatan sehingga lebih mudah untuk dipegang

Sementara untuk kekurangan sabun batangan adalah:
  • Meski tidak terdapat pada sabun bayi batangan, namun sabun batangan umumnya memiliki PH yang lebih tinggi dibanding sabun cair. Hal ini dikarenakan proses saponifikasi (penyabunan). Akibatnya kulit bisa menjadi sedikit lebih kering karena kelembaban kulit terangkat. Namun tenang saja, karena sabun bayi dirancang memiliki pH rendah.
  • Kurang higienis karena sabun bersentuhan langsung dengan tangan pengguna. untuk itu sabun batangan tidak disarankan digunakan lebih dari satu orang. 

Jika tertarik menggunakan sabun cair, produk Sleek Baby Natural Antibacterial 2 in 1 Hair and Body Wash merupakan salah satu pilihan yang baik. Dengan satu harga produk Sleek Baby, kita bisa menggunakan sabun cair ini tidak hanya untuk badan namun juga rambut yang aman untuk kulit bayi. Wah, bisa 2 in 1. Ibu-ibu pasti suka kalau praktis dan pastinya aman untuk bayi seperti ini.

You May Also Like

1 komentar

  1. Apapun sabunnya, yang penting berbusa pas dipake. Hueheheheeh

    BalasHapus