Tips Cerdas Membuat Rencana Finansial Setelah Pensiun

by - Sabtu, Juli 20, 2019

Beberapa hari ini, lini masa media sosial saya diramaikan dengan postingan wajah tua yang dibuat dari sebuah aplikasi. Jadi mikir, bukan hanya bagaimana wajah, tapi juga kondisi lainnya seperti fisik dan keuangan. Memasuki usia 50 tahun ke atas, pastinya kemampuan tubuh sudah tidak seaktif dulu lagi bukan, sehingga sudah banyak yang mulai berpikiran untuk ajukan pensiun dini. Apalagi mereka yang sudah cukup lama bekerja di sebuah instansi, baik itu pemerintah maupun swasta. Namun tentunya ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum ambil pensiun ini, apalagi setelah tidak bekerja nantinya Anda juga tetap harus mencukupi berbagai macam kebutuhan atau tuntutan hidup.

Gambar by kumparan.com

Bahkan bisa dikatakan bahwa kebutuhan hidup setelah pensiun ini nantinya akan lebih banyak, karena kitaa juga sudah tidak bekerja, sehingga sebagian besar waktu nantinya akan digunakan untuk bersenang-senang. Agar selepas pensiun nantinya kehidupan kita tidak suram. Maka berikut ini diantaranya ada beberapa tips mempersiapkannya yang harus diterapkan, yaitu:

  1. Mulailah mendaftarkan diri pada produk tabungan pensiun, ada banyak sekali pilihan tabungan pensiun yang paling menguntungkan untuk kita beli. Tabungan ini seperti sebuah investasi dimana nantinya dana bisa diklaim ketika sudah masuk usia pensiun, dapat dimanfaatkan sebagai modal usaha atau sekedar mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.
  2. Merencanakan keuangan di masa tua, buat rencana secara matang kemana nantinya keuangan kita akan dibawa setelah tidak bekerja lagi, apakah tetap ingin bekerja, namun dengan membuat sebuah usaha atau mungkin mencoba alternatif berinvestasi.
  3. Hitung-hitung juga tanggungan yang mungkin akan banyak dikeluarkan setelah pensiun, seperti diantaranya adalah jika anak masih belum menyelesaikan pendidikannya, sudah pasti tetap ada tanggungan untuk biaya pendidikan mereka bukan. Begitu juga jika seandainya nanti sakit maka harus keluar biaya berobat dan sebagainya.
  4. Gunakan produk asuransi, produk untuk proteksi diri, daftar ke beberapa jenis asuransi yang memang paling penting atau sangat dibutuhkan. Misalnya asuransi untuk keluarga yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan juga dana pensiun.

Perencanaan yang tepat akan membuat masa tua kita menjadi jauh lebih nyaman. Tinggal duduk santai saja di rumah tanpa harus memikirkan mengenai uang.

You May Also Like

0 komentar