Kisah Gajah, Belajar Sejarah Islam Lewat Lagu di New Hafiz Junior

by - Sabtu, Januari 18, 2020

Bulan ini baru kesampean beliin anak mainan edukatif yang lagi populer. Awalnya pengin beliin Smart Hafiz yang harganya di atas 2 juta, tapi apalah daya baru mampu beli versi New Hafiz Junior atau Hafiz Doll Junior dengan harga 750 ribu. Itu pun uangnya dari fee ngeblog yang dikumpulkan selama 6 bulan. 

Seberjuang itu saya pengin beliin mainan edukatif buat anak. Tapi masih aja ada perasaan enggak enak ketika ada yang nanya berapa harga mainannya. Ada yang samaan sama saya gak, sih? (nyari temen XD).

O: Wah, bagus bonekanya. Berapaan?
S: 75, Bun.
O: 75 rebu?
S: hehe..
O: Tujuh rebu lima ratus?
S: (nyengir, dalam hati et dah)
O: Berapaan sih?
S: 750 rb
O: Eleuh, 750 rb? Gak salah tuh?
S: (bilang iya sambil nunduk)

Karena saya males debat dan jelasin panjang lebar, perbincangannya udahan sampai di situ. Karena tahu juga kalau saya dan ibu itu gak sepemahaman soal beliin mainan anak. Ada yang lebih milih beliin anak HP android dibanding 'boneka ngaji-nyanyi' ya silahkan, tujuan kita sudah pasti berbeda.


Balik lagi ke New Hafiz Junior, boneka hafiz kecil yang ukuran tingginya 13 cm ini memiliki beberapa fitur, salah satunya lagu-lagu islami yang berisikan shirah atau sejarah islam. Karena dikhususkan untuk anak-anak, sejarah yang diselipkan dalam lagu-lagu ini terdapat unsur binatang, karena biasanya kan anak-anak punya ketertarikan lebih tentang binatang. Ada enam lagu tentang binatang di New Hafiz Junior ini, antara lain Gajah Abrahah, Burung Hud-hud Nabi Sulaiman, Kambing Nabi Ibrahim-Ismail, Sapi Nabi Musa, Unta Nabi Shaleh, dan Paus Nabi Yunus.


Kebetulan anak saya sebelumnya punya boardbook Halo Balita (versi ecer) judulnya Gajah Abrahah yang sudah dibaca (kan) berulang-ulang, pas dengerin versi lagunya, dia jadi lebih antusias. Ditambah irama lagunya semangat yang membuat anak-anak jadi tambah suka. Berikut saya tuliskan lirik lagunya:

KISAH GAJAH
Aku Gajah yang gagah berani
Badanku berat tinggi sekali
Aku binatang terbesar di darat
Karena ku makan tanaman yang banyak

Aku punya belalai yang panjang
Tuk bernafas dan jadi tangan
Ku punya gading dekat mulutku
Untuk berjaga dari musuhku

Di dalam Al Quran
Aku dikisahkan
Bersama Abrahah
Tuk menghancurkan ka’bah

Ku berdoa agar terlepas
Dari Abrahah raja yang kejam
Datanglah burung Ababil
Lemparkan batu yang panas
Tak ada yang selamat
Hanya aku sang Gajah

Buat yang penasaran dengan nadanya, bisa cari sendiri di youtube atau dengerin langsung di New Hafiz Junior atau produk lainnya yang serupa.

Salam,

You May Also Like

0 komentar